Spoof Text, Klarifikasi & Rujukan Lengkap!!!

Spoof Text - Pernahkah kalian melihat salah satu kegiatan lawakan, Seketsa? Itu loh yang yang jargon utamanya "Tatap Mata Ojan". Hehehe :) Dulu sering banget nonton kegiatan banyolan tersebut yang dulu tayang di Trans Tv. Bagi kalian yang sering menonton kegiatan lawak tersebut niscaya sudah tahu jalan kisah di Seketsa. Awal kisah dimulai dengan adegan atau insiden yang biasa kemudian menjelang final ada adegan atau insiden yang tidak dikira yang membuat kisah tersebut lucu. Nah, jalan kisah ibarat itu lah yang gotong royong ciri dari sebuah spoof text.

Nah, pada peluang kali ini, Belajar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan sebuah klarifikasi lengkap beserta pola dari salah satu genre yaitu Spoof Text. Semoga dari klarifikasi di bawah ini sanggup menambah pemahaman pembaca terkena apa itu spoof text dan bagaimana cara menciptakannya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Spoof Text

Selain Narrative Text, Recount Text, dan Anecdote Text, Spoof Text juga termasuk ke dalam golongan Narration (lihat: Jenis Teks Bahasa Inggris), yang tentunya menceritakan insiden di masa lampau dengan final yang tidak disangka-sangka yang membuat kisah tersebut lucu.

B. Tujuan Komunikatif Spoof Text

Tentunya tiruana jenis teks yang tergolong Narration mempunyai tujuan komunikatif yang sama, begitu juga pada Spoof Text, yaitu untuk menghibur pembaca atau pendengar dari kisah yang dibacakan.

C. Struktur Kebahasaan Spoof Text

Terdapat tiga jenis struktur kebahasaan yang dimiliki oleh Spoof Text, yaitu:

1. Orientation
Seperti halnya jenis teks Narration yang lain, selalu diawali dengan orientation. Orientation ialah bab di mana penulis memulai memperkenalkan cerita.

2. Events
Sedangkan pada bab Events yaitu bab di mana penulis menceritakan kejadian-kejadian dalam kisah tersebut tetapi insiden yang diceritakan masih insiden yang wajar.

3. Twist
Dan bab dari Spoof Text yang terakhir ialah Twist. Twist ialah bab teks yang mana menceritakan kebalikan dari kejadian-kejadian masuk akal di bab Events. Twist ialah bab final dari Spoof Text yang menceritakan insiden final lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya.

D. Ciri Kebahasaan Spoof Text

Terdapat beberapa ciri kebahasaan Spoof Text yang sanggup membedakan dengan Jenis Teks Bahasa Inggris (Types of Text) yang lainnya, yaitu:
  1. Menggunakan Past Tense; was, were, did, etc.
  2. Menggunakan kata kerja agresi (action verb); did, went, walked, etc.
  3. Menggunakan kata keterangan waktu dan kata keterangan tempat.
  4. Diceritakan secara kronologis.
 Pernahkah kalian melihat salah satu kegiatan banyolan Spoof Text, Penjelasan & misal LENGKAP!!!

E. misal Spoof Text


Penguin in the Park


Orientation
Once a man was walking in a park when he come across a penguin.
(Suatu saat ada seorang laki-laki sedang berjalan di sebuah taman saat ia melihat seujung pinguin melintas.)

Event
He took him to a policeman and said, "I have just found this penguin. What should I do?" The policeman replied, "take him to the zoo".
(Dia membawanya ke seorang polisi dan berkata, "aku gres saja menemukan pinguin ini. Apa yang harus saya lakukan?" Polisi tersebut menjawaban, "bawa ke kebun binatang".)

The next day the policeman saw the same man in the same park and the man still carrying the penguin with him. The policeman was rather supriseed and walked up to the man and asked "why are you still carrying that penguin about? Didn't you take it to the zoo?"
(Hari diberikutnya polisi tersebut melihat laki-laki yang sama di taman yang sama dan laki-laki tersebut masih membawa pinguin bersamanya. Polisi tersebut terkejut dan menghampirinya serta bertanya "mengapa engkau masih membawa pinguin itu? Bukannya engkau membanya ke kebun binatang?")

Twist
"I certainly did" replied the man.
("Saya melakukannya" tanggapan laki-laki tersebut.)

"And it was a great idea because he really enjoyed it, so today I am taking him to the moviest, and the next day I'll take it to the beach. It'll be so much fun" said the man.
("Dan itu ialah sebuah inspirasi yang cantik alasannya ialah pinguin tersebut menikmatinya, jadi hari ini saya akan membawanya ke bioskop, dan besok saya akan membawanya ke pantai. Itu kan sangat sangat bahagia" kata laki-laki tersebut.)

"Owh my God. You are so stupid. I asked you to take the penguin and give it to the zoo. I didn't ask to take it to the zoo and had fun there with it." policemen said.
("Owh ya Tuhan. Kamu sangat bodoh. Saya suruh engkau untuk membawa pinguin tersebut dan mempersembahkannya ke pihak kebun binatang. Saya tidak menyuruh untuk membawanya ke kebun hewan dan bersenang-senang di sana dengannya." polisi tersebut berkata.)

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas wacana Spoof Text, Penjelasan dan misal LENGKAP!!!, agar sanggup bermanfaa bagi pembaca tiruana. Dan kalau terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun klarifikasi di artikel tersebut di atas, kami membuka Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^
LihatTutupKomentar