Explanation Text : Klarifikasi + Contoh

Explanation Text - Pastinya kawan-kawan sudah bersahabat benar dengan namanya Explanation atau penjelasan. Karena dalam dunia pendidikan yang namanya klarifikasi atau Explanation banyak kita jumpai. Penjelasan-penjelasan tersebut ialah salah satu pola dari Explanation Text.

Nah untuk itu, Belajar Bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mencoba menghadirkan klarifikasi dan pola Explanation Text secara lengkap. Semoga klarifikasi dan pola explanation text di bawah ini sanggup bermanfaa bagi pembaca sekalian. Check this out!!!

A. Pengertian Explanation Text

Explanation Text yaitu sebuah teks yang meliputi wacana proses-proses yang berafiliasi dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.


B. Tujuan Kebahasaan Explanation Text

Tujuan kebahasaan dari Explanation text yaitu untuk menunjukan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau acara yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menerangkan.

C. Struktur Kebahasaan Explanation Text

Terdapat tiga bab dalam struktur kebahasaan Explanation Text, yaitu:

1. A general statement
Dalam general statement meliputi wacana klarifikasi umum wacana fenomena yang akan dibahas, sanggup berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. A squenced of explanation
A squenced of explanation meliputi wacana klarifikasi proses mengapa fenomena tersebut sanggup terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawabanan dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis dikala membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation sanggup terdiri lebih dari satu paragrap.

3. Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text yaitu closing, padahal itu ialah bab dari squenced of explantaion yang meliputi wacana langkah simpulan yang dijelaskan pada bab squenced of explanation.


 Karena dalam dunia pendidikan yang namanya klarifikasi atau  Explanation Text : Penjelasan + misal


D. Ciri Kebahasaan Explanation Text


Dalam sebuah explanation text, terdapat ciri-ciri kebahasaan ibarat di bawah ini, yaitu:
•    Menggunakan mudah present tense
•    Mengguankan abstract noun (kata benda yang nampak)
•    Mengguanakan Passive voice
•    Menggunakan Action verbs

E. misal Explanation Text

Untuk menambah pemahaman anda terkena klarifikasi Explanation Text di atas, penulis sertakan juga pola explanation text dengan terjemahannya diberikut ini:

Making Paper from Woodchips

General statement
Woodchipping is a process used to obtain pulp and paper products from forest trees. The woodchipping process begins when the trees are cut down in a selected area of the forest called a coupe.


(Woodchipping yaitu proses yang dipakai untuk memperoleh produk bubur kertas dan kertas dari pohon-pohon hutan. Proses woodchipping dimulai dikala pohon ditebang di area yang dipilih dari hutan yang disebut coupe.)


Squence of explanation

Next the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat. The pulp is then bleached and the water content is removed.

(Selanjutnya bab atas dan cabang-cabang dari pohon tersebut dipotong dan lalu batang-batang kayunya dibawa ke pabrik pengilingan. Di pabrik pengilingan kulit kayu akan dihilangkan dan batang-batang kayu tersebut dibawa ke mesin pemotong kayu (chipper) yang memotong batang-batang kayu tersebut menjadi potongan-potongan kecil yang disebut serpihan kayu (woodchips). Serpihan kayu tersebut lalu disaring untuk menghilangkan kotoran dan benda-benda lainnya. Pada tahap ini mereka sanggup diekspor dalam bentuk tersebut atau dirubah menjadi bubur kertas dengan materi kimia dan gerah. Bubur tersebut lalu diputihkan dan kadar airnya akan dihilangkan.)

Closing
Finally the pulp is rolled out to make paper.

(Akhirnya bubur kertas tersebut digulung untuk dibentuk kertas kertas.)


Bagi pembaca yang ingin melihat lebih banyak pola terkena explanation text, sanggup langusng di lihat di artikel 6 misal Singkat Explanation Text, di sini.

Semoga artikel di atas wacana Penjelasan dan misal Explanation Text sanggup menambah pengetahuan pembaca wacana salah satu jenis teks bahasa Inggris. Jika terdapat kesalahan baik berupa perkataan atau pembahasan, kami membuka pintu Koreksi dan masukan untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^
LihatTutupKomentar