15 Metode Ampuh Berguru Bahasa Inggris Cepat, Mudah, Tanpa Kursus!

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!


Sebenarnya, ada tips dan cara praktis untuk belajar bahasa Inggris cepat, terutama bagi pemula yang mau berguru secara belajar sendiri tanpa kursus. Di sini, Anda akan mendapatkan info cerdas dan terpelajar dalam belajar, serta juga didiberikan rekomendasi aplikasi berguru bahasa Inggris online yang gratis downloiad. Semuanya lengkap ada di sini.

Beberapa siswa dan mahasiswa yang saya temui mengeluh alasannya ialah mereka tidak tahu bagaiamana cara praktis atau cara belajar bahasa Inggris cepat, otodidak, dan tanpa kursus. Memang, banyak sekali duduk kasus yang dialami setiap orang, termasuk Anda, terutama dalam menguasai bahasa Inggris. Apalagi bagi pemula, mereka niscaya resah mau dari mana mulai belajar. Well, di sini saya akan membagikan 15 metode ampuh belajar bahasa Inggris cepat, gampang, tanpa kursus. Pastikan Anda membaca dan memahami dengan saksama informasi ini secara komprehensif.

1. Pelajari Basic Words Bahasa Inggris

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!
image.slidesharecdn.com
Ada pepatah yang mengatakan, “belajarlah dari yang paling praktis dan sederhana”. Pepatah tersebut benar adanya. Pepatah ini mesti diperhatikan terutama bagi pemula. Kenapa? Sering kali mereka terjebak dengan ketidaktahuannya, menyerupai mempelajari materi bahasa Inggris yang belum saatnya untuk dipelajari. Ya, materi yang levelnya terbilang tinggi.

Tentu saja, mereka akan merasa kesusahan dengan materi tersebut dan pada jadinya frustasi untuk belajar. Mereka seperti berhasrat untuk mengetahui cara tercepat mahir bahasa Inggris, namun tidak tahu kunci yang sebenarnya. Oleh alasannya ialah itu, tips pertama yang harus Anda lakukan ialah mempelajari kata-kata dasar (basic words) bahasa Inggris atau kata-kata yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari, menyerupai house, school, car, friend, dan seterusnya.

2. Memahami Vocabulary Bahasa Inggris

INI metode belajar bahasa Inggris cepat yang selanjutnya. Apakah Anda tahu diam-diam seseorang yang bisa memahami ucapan bule (native) dengan cepat? Ya, selain banyak tes conversation, kuncinya sukses lainnya ada pada vocabulary (kosakata). Bayangkan saja, apa yang bisa Anda tangkap dari ucapan bule sedangkan Anda tidak mempunyai vocab yang cukup? Agar terlihat terpelajar dalam berbahasa Inggris, cobalah menggali, mencari, dan memahami vocabulary bahasa Inggris lebih banyak.

Misalnya dalam 1 hari, cobalah memahami 5 hingga 10 kosakata baru. Tidak duduk kasus sedikit, yang penting rutin melakukannya. Bayangkan saja, kalau Anda bisa memahami 5 kosa kata per hari, sudah berapa banyak tabungan vocab Anda dalam satu bulan atau satu tahun? Hal-hal yang sering disepelekan ini ternyata bisa memdiberi dampak besar bagi kemampuan bahasa Inggris Anda. Percayalah.

3. Membaca Kamus Bahasa Inggris

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!
assets2.cdn-mw.com
Banyak orang yang menganggap bahwa membaca engkaus ialah salah satu tips atau cara memahami banyak kosakata. Apa benar? Ya, itu benar, tapi manfaat engkaus tidak spesialuntuk itu. Lalu apa? Selain menyediakan penjelasan, referensi kalimat, dan artinya (terjemahan), engkaus juga menyediakan layanan lain, menyerupai tenses, idiom, dan lainnya. Tentu saja, itu bisa memmenolong Anda mengetahui banyak hal lagi.

Sebagai contoh, saya mempunyai Merriam-Webster, engkaus online yang gratis download. Di dalam engkaus tersebut, ketika Anda mengetikkan kata “house” atau kata lainnya, maka yang tampil tidak spesialuntuk kata “house” itu saja. Anda juga akan melihat sinonim, antonim, referensi kalimat dari “house” tersebut. Bahkan, di sana juga ditampilkan fungsi sebuah kata sebagai noun, adjective, dan seterusnya. melaluiataubersamaini demikian, ketika Anda mencoba memahami satu kata dalam bahasa Inggris, maka Anda akan bisa melihat kata-kata lain yang relevan. Sangat lengkap. Bahkan ada games-nya juga, loh!

4. Membaca Literatur Berbahasa Inggris; Ilmiah & Non Ilmiah

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!

Tidak afdal rasanya belajar bahasa Inggris cepat tanpa memakai literatur. Banyak sekali literatur yang bisa Anda gunakan untuk berguru bahasa Inggris, tapi kembali lagi kepada Anda masing-masing, mau atau tidak? Saya yakin, Anda yang sedang membaca artikel ini ialah orang-orang yang mempunyai kemauan besar untuk terpelajar berbahasa Inggris. Nah, kalau begitu, cobalah mencari literatur berbahasa Inggris.

Umumnya, ada juga jenis literatur, yaitu bersifat ilmiah dan non ilmiah. misal literatur ilmiah yaitu buku pelajaran, jurnal, makalah, dan sejenisnya. Sedangkan literatur non ilmiah menyerupai novel, cerpen, dan lainnya. Saya menyarankan Anda membaca dua jenis literatur tersebut alasannya ialah mereka bersifat saling melengkapi. Maksudnya?
Biasanya, words pada literatur ilmiah dipakai untuk kebutuhan akademik, atau cukup jarang dipakai dalam conversation sehari-hari. Sedangkan literatur non ilmiah sebaliknya. Oleh alasannya ialah itu, memahami keduanya sangat penting untuk membuat Anda lebih pintar.

5. Berlatih Menulis dengan Bahasa Inggris

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!

Banyak membaca, juga harus diimbangi dengan menulis. Menulis ialah salah satu bentuk implementasi dari apa yang Anda baca. Selain itu, menulis juga dianggap bisa mengingat banyak vocab alasannya ialah ketika menulis Anda juga akan memakai bermacam-macam vocab. Jika mau terpelajar dan belajar bahasa Inggris cepat, luangkan waktu dalam 1 hari menulis satu tema.

Anda bebas memakai tema apapun. Namun, saya menyarankan Anda memakai tema yang paling Anda minati. Jika Anda suka olahraga, maka tulis ihwal dunia olahraga, dans seterunya. Jangan minta tolong dengan siapa pun, termasuk google translate. Tulislah apa adanya. Sesudah selesai menulis, coba cek tata bahasa dan pola penulisan Anda secara online dan gratis di Grammarly. Di sana, Anda akan menemukan dimana letak salahnya. INI yang disebut proses.

6. Menonton Tutorial Bahasa Inggris di Youtube

Youtube ialah salah satu elemen yang bisa mempengaruhi kehidupan kita tiruana. Bukan tanpa alasan, kalau Anda ingin mencari informasi tertentu, maka YT menyediakan itu. Bahkan, pelajaran dan tutorial bahasa Inggris pun tersedia lengkap! Itulah kenapa Youtube ialah daerah belajar bahasa Inggris cepat, gampang, dan gratis. Coba deh Anda jelajahi, banyak sekali yang bisa Anda temukan. contohnya di sini.

Bagi pemula, mungkin Anda bisa menonton tutorial berbahasa Indonesia saja terlebih lampau, kalau kemampuan bahasa Inggris Anda sudah mulai meningkat, barulah Anda bisa menonton yang full berbahasa Inggris. Ya, tutorial dari native.

7. Menonton TED Talks

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!
jasonthamdotcom.files.wordpress.com
Sudah pernah sebelumnya mengetahui TED Talks? Rugi, kalau Anda belum tahu! Oleh alasannya ialah itu, segera cari tahu! Kenapa begitu? Memang, seberapa penting? Perlu Anda ketahui, Anda bisa berguru banyak bidang ilmu pengetahuan dari TED, mulai dari keuangan, bisnis, matematika, sains, dan sebagainya. Di sana, meliputi video dari para ahlinya eksklusif yang memdiberi perkualiahan (ceramah) singkat ihwal bidang keilmuan.

Hingga ketika ini, kami masih setia menonton TED Talks. Selain bisa berguru bahasa Inggris, terutama melatih listening, speaking, dan pronounciation, Anda juga bisa berguru bidang keilmuan lain. Tentang percintaan juga ada, dan itu biasanya dibahas oleh para psikolog J. Jika Anda mau tau cara praktis belajar bahasa Inggris cepat, sering-seringlah menonton TED! Oh ya, di sana juga gratis download, loh.

8. Manfaatkan BBC Learning English

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!
ai.ytimg.com
Jangan bilang Anda belum pernah mendengar BBC Learning English! Meskipun belum mencoba, niscaya Anda tidak abnormal lagi dengan BBC, kan? BBC learning English ialah salah satu kegiatan populer dalam pembelajaran bahasa Inggris. BBC sendiri sudah bangun dari tahun 1943.

Di sana, Anda akan mendapatkan materi bahasa Inggris yang melimpah, ribuan rekaman video, aplikasi gartis, dan banyak lagi. Percaya atau tidak, sudah banyak orang yang berhasil belajar bahasa Inggris cepat melalui BBC learning English. Sekarang, giliran Anda yang mencoba!

9. Menonton Serial Friends

 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat 15 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Cepat, cepatdangampang, tanpa Kursus!
rachel9kim.files.wordpress.com
Pernah nonton seria; Friends sebelumnya? Ya, ini salah satu rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris cepat. Friends sendiri ialah salah satu serial Amerika yang sangat terkenal. Serial ini juga mencerminkan dongeng aktual dari gaya hidup masyarakat di Amerika Serikat, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat 10 episode pada serial ini dengan style lucu yang ditonjolkan, serial ini bisa menjadi referensi terbaik untuk berguru dan melatih listening dan speaking Anda dengan efektif. Anda niscaya akan terkejut sehabis menonton serial ini. Kenapa? Ya, Anda akan mencicipi dampak besar bahwa kemampuan listening dan speaking semakin baik.

10. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Metode atau cara ini mungkin yang paling disukai dan dilakukan oleh banyak orang, termasuk Anda, bukan? Ya, mendengarkan lagu berbahasa Inggris tentunya sanggup memmenolong melatih skill listening Anda. Banyak sekali lagu bahasa Inggris yang bagus yang bisa Anda download gratis secara online.

Oh ya, meskipun banyak lagu berbahasa Inggris yang bagus, tetap saja terdapat lagu yang kurang bagus dijadikan materi pelajaran. Usahakan, cari lagu yang bagus dalam lirik dan kaya kosakata. Dalam 1 hari, cukup dengarkan 2 hingga 3 lagu saja. Namun, pastikan Anda mengulang-ulangnya hingga paham betul makna dan arti dari lagu tersebut.

11. Berlatih Berbicara dengan Bahasa Inggris

Cukup banyak orang yang berguru bahasa Inggris dengan menghafal vocabulary, memahami tenses, idiom, dan sebagainya, tapi alpa untuk mempraktikkannya dalam conversation. Ya, inti dari berbahasa Inggris salah satunya yaitu bisa berbicara English dengan jelas. Tidak harus sama dengan native, yang penting terperinci pengucapannya.

Bagaimana bisa berbicara secara terperinci kalau Anda jarang latihan? Banyak sekali metode yang bisa digunakan, banyak dengan bernyanyi, percakapan, ceramah, dan seterusnya. Saran kami untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris cepat, tidakboleh aib untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Meskipun belum fasih, tetap terus latihan. Semua butuh proses.

12. Perhatikan Lingkungan Anda

Kami mempunyai mitra orang China, Jepang, dan Korea, mereka mempunyai belum dewasa usia 5 - 10 tahunan yang sangat fasih berbahasa Inggris. Padahal, mereka tidak pernah memasukkan anak-anaknya kursus atau berguru bahasa Inggris secara formal. Lalu, kok bisa fasih? Bagaimana caranya? Ternyata, orang bau tanah mereka memakai bahasa Inggris dalam conversation sehari-hari sehingga sang anak terbiasa dengan bahasa Inggris.

melaluiataubersamaini demikian, sang anak dengan praktis menirukan apa yang orang tuanya ucapkan dan jadilah sebuah kebiasaan. Kesimpulannya, lingkungan sangat memengaruhi dalam pemahaman bahasa Inggris seseorang. Lingkungan ialah faktor kunci untuk belajar bahasa Inggris cepat. Oleh alasannya ialah itu, perbaikilah lingkungan Anda kini juga, berkumpulah dengan orang-orang yang berbahasa Inggris.

13. Berkawan dengan Native di Media Sosial

Anda boleh percaya boleh tidak bahwa salah satu yang membuat saya bisa berbahasa Inggris yaitu alasannya ialah sering chatting dengan bule (native) di media sosial, terutama Facebook. Hal ini bermula ketika SMA. Ketika itu, saya begitu terobsesi untuk bisa “memacari” bule dan bercita-cita hidup bersamanya di luar negeri. Luar biasa, kan :D? Karena faktor itulah saya mencari kawan-kawan bule bagus dan mengajaknya chatting.

Beberapa bule pernah menolak, tapi juga ada yang menerima, meskipun spesialuntuk sebatas kawan. Apakah waktu itu saya terpelajar bahasa Inggris? Tentu tidak, tapi saya memang suka dengan bahasa Inggris. Setiap kali chatting, saya selalu menyediakan engkaus elektronik untuk menerjemahkan kata-kata yang tidak familiar. Semenjak itulah vocab saya semakin banyak. Well, apakah Anda tertarik mencoba? :D

14. Konsisten dalam Belajar

Konsisten, sebuah kata yang sangat berat untuk diimplementasikan, apalagi bagi pemula, benar? Ya, betapa banyak para penjuang bahasa Inggris yang mau belajar bahasa Inggris cepat, tapi gugur di tengah jalan alasannya ialah banyak sekali alasan. Memang, butuh usaha yang berat semoga bisa konsisten dalam berguru bahasa Inggris. Bahkan, seseorang dituntut untuk mengasihi bahasa ini semoga bisa konsisten belajar.

Lalu, bagaimana cara semoga bisa konsisten? Ingat lagi, apa tujuan Anda dalam berguru bahasa Inggris. Jika Anda mempunyai tujuan yang besar dan jelas, maka Anda niscaya sanggup bertahan dan konsisten.

15. Jangan Malas Berdoa

Sebagai seorang insan yang lemah dan penuh dengan belum sempurnanya, apakah kita layak untuk tidak meminta kepada Yang Mahakaya? Ya, doa ialah bentuk kerendahan hati kita terhadap apa yang sudah kita perjuangkan. Jika kita tidak mau berdoa, maka kita dianggap sombong oleh Tuhan. Apakah Tuhan mau membahagiakan orang-orang sombong? Oleh alasannya ialah itu, sempatkanlah untuk terus berdoa. Jadikanlah ia prioritas. Tidak punya waktu? Ingatlah, akan selalu ada waktu untuk hal-hal yang diprioritaskan. Jika doa ialah prioritas, maka akan selalu ada waktu untuk melakukannya.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat, tidakboleh jadikan berguru sebagai beban, jadikanlah ia sebagai kawan. melaluiataubersamaini demikian, Anda akan selalu merasa happy dan enjoy. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memilih terlebih lampau apa tujuan Anda dalam berguru alasannya ialah itu termasuk salah satu kunci belajar bahasa Inggris cepat. Semoga apa yang Anda tujukan, hendaknya bisa tercapai dan terealisasi, aamiin. Tolong share info ini ya, terimakasih.
LihatTutupKomentar