101 Cara Terbaik Melaksanakan Perkenalan Dalam Bahasa Inggris


Teknik Terbaik Melakukan Perkenalan dalam Bahasa Inggris 101 Teknik Terbaik Melakukan Perkenalan dalam Bahasa Inggris


Banyak siswa saya bertanya ihwal beberapa hal: bagaimana cara dan pola perkenalan diri yang baik dalam bahasa Inggris, Pak? Mungkin Anda juga menanyakan hal yang sama, bukan? Perlu Anda ketahui, perkenalan dalam bahasa Inggris sebetulnya tidak susah, asalkan kita tahu metode, tips, dan cara melakukannya. Perkenalan di depan kelas tidak sama dengan perkenalan ketika interview kerja. Artinya, kita harus menyesuaikan diri.

Memang, bertemu seseorang untuk pertama kalinya ialah hal yang penting. Pertemuan pertama ini sanggup sangat susah dalam bahasa abnormal ditambah lagi dengan budaya yang tidak sama. Well, di sini saya akan pertanda secara rinci bagaimana cara melaksanakan perkenalan dalam bahasa Inggris. Pastikan Anda mebaca artikel ini hingga simpulan supaya sanggup paham secara komprehensif.

Penting untuk Anda sadari bahwa ada dua jenis situasi dalam sebuah obrolan atau interaksi: yaitu interaksi formal dan informal.


1. Interaksi Formal

Dalam melaksanakan perkenalan atau Interaksi formal dalam bahasa Inggris, Anda harus berperilaku formal, dengan kata lain bersifat kaku atau kurang santai. Hal ini biasanya sesuai dengan kebiasaan, prosedur, dan peraturan. Jenis interaksi formal ini sanggup terjadi ketika:

1. Anda bertemu dengan pejabat pemerintah
2. Anda Berbicara dengan atasan di kawasan kerja
3. Berbicara dengan seseorang yang lebih bau tanah dari Anda
4. Bertemu seseorang yang populer atau yang Anda kagumi

Dalam interaksi formal, hal terbaik yang harus Anda lakukan yaitu menunjukkan jabat tangan kepada individu lainnya. Untuk melakukannya Anda harus mengikuti langkah-langkah diberikut ini:

1. Perluas lengan Anda
2. Buka tangan Anda dengan telapak tangan menghadap ke dalam
3. Tersenyum lebar

Begitu mereka menunjukkan tangan, pastikan juga Anda mempersembahkan jabat tangan yang kuat. Ingat, tangan Anda harus tegas dan Anda harus menerapkan sedikit tekanan ke tangan mereka dikala berjabat tangan. Kontak mata sangat penting dan harus dijaga.

Begitu kontak fisik sudah dilakukan, ucapkan dengan mulut sesuatu yang tepat. Ada banyak cara untuk memdiberi salam dan mengenalkan diri Anda dalam pengaturan formal. Salah satu cara yang saya sukai ketika penyambutan atau perkenalan dalam bahasa Inggris ialah sebagai diberikut:

My name is John. How do you do?

Berikut ialah beberapa cara lain untuk menyapa dan mengenalkan diri Anda:
Hello... I am John.
Hello... My name is John.
Good morning/afternoon/evening, my name is John.

Umumnya, orang lain akan merespon dan juga memdiberi tahu nama mereka. Jika mereka tidak memdiberi tahu nama mereka, maka Anda harus bertanya kepada mereka. Berikut ialah beberapa cara tidak sama untuk meminta nama orang lain dalam setting formal:

What is your name?
May I have your name?
I didn’t catch your name.
You are…?

2. Interaksi Informal


Berbeda dengan setting formal, dalam setting informal, kita sanggup lebih santai dan rileks. Berikut ialah pola situasi yang bersifat informal:

1. Acara pesta ulang tahun
2. Bertemu kenalan kawan
3. Berbicara dengan seseorang yang jauh lebih muda dari Anda

Sebagai aturan, kita harus selalu bersikap sopan dikala bertemu orang baru. Jabat tangan harus selalu tepat, tapi Anda mungkin perlu mengikuti keadaan dengan apa yang orang lain lakukan. Misalnya, mereka mungkin ingin berpelukan atau bertepuk tangan.

Ikuti petunjuk mereka untuk menghindari situasi yang canggung. Misalnya, ketika Anda ada di Inggris, lakukanlah dengan cara menyerupai yang orang Inggris lakukan. Pastikan untuk tersenyum selama interaksi ini. Jangan hingga Anda membuat mereka merasa bahwa Anda seorang makhluk yang gres hidup di Bumi. melaluiataubersamaini kata lain, tidakboleh hingga Anda terlihat guah.

Ada banyak cara untuk memdiberi salam dan memperkenalkan diri untuk pengaturan informal. Salah satu yang saya sukai ialah sebagai diberikut:

Hi! My name is John.

Berikut ialah beberapa cara lain untuk menyapa atau memperkenalan diri Anda dalam bahasa Inggris:

Hey. I am Brian.
Hey there. I’m Brian
What’s up. My name is Brian.

Umumnya, orang lain akan merespon dan juga memdiberi tahu nama mereka. Sekali lagi, jikalau mereka tidak memdiberi tahu nama mereka, maka Anda harus bertanya kepada mereka. Berikut ialah beberapa cara informal untuk meminta nama mereka:

What’s yours?
Yours?
And you?

Sesudah seseorang memdiberi tahu nama mereka kepada Anda untuk pertama kalinya, Anda harus mengatakannya kembali kepada mereka sebagai rasa hormat. Ini harus dilakukan tanpa mempedulikan apakah pengaturannya formal atau informal. Anda harus mengulang atau menyebut nama mereka kembali. Teknik untuk menyampaikan nama mereka kepada mereka sanggup menjadi salah satu dari diberikut ini:

Nice to meet you Bryan.
It is nice to meet you Bryan.
It is a pleasure meeting you Bryan.
Well, Bryan, welcome (dilakukan jikalau Anda ialah tuan rumah sebuah acara).

Dari sini, Anda sanggup melaksanakan percakapan sesuai dengan tujuan Anda. Anda sanggup mengajukan pertanyaan ihwal bagaimana mereka mengenal mitra Anda atau seseorang yang mungkin sebut sesuatu ihwal pekerjaan mereka. Anda sanggup mengajukan pertanyaan ihwal itu. Skenarionya tidak terbatas, alias bebas, asal sopan.

Saat percakapan terjadi, akan terlihat menyerupai ini:


Hello.
B:
Hi.
A:
Are you enjoying the class? (Apakah engkau menikmati kelas ini?)
B:
Yes, it is okay. (Ya, itu benar.)
A:
I am John, what is your name? (Saya John, nama engkau siapa?)
B:
My name is Bryan. (Nama saya Bryan.)
A:
Bryan, where are you from? (Bryan, engkau berasal dari mana?)
B:
I am from Indonesia, and you? (Saya berasal dari Indonesia, engkau?)
A:
I am from the United Kingdom. How long have
you been in the country? (Saya berasal dari UK. Sudah berapa usang engkau berada
di negara ini?)
B:
Yeah. I have been for just two months.
(Yeah, saya di sini sudah dua bulan.)

A:
Are you here on business or for fun?
(Apakah engkau di sini untuk bisnis atau bersenang-senang?)

B:
Neither one, I am here just to take this
course. (Tidak satu pun, saya di sini untuk mengambil kelas ini.)
A:
We have twenty minutes for the break, so do
you want to go get some coffee? (Kita punya dua puluh menit untuk istirahat,
apakah engkau mau ikut menikmati kopi?)
B:
Of course, it sounds good! (Tentu,kedengarannya enak!)

Well, Itulah isu ihwal cara terbaik ketika melaksanakan perkenalan dalam bahasa Inggris. Silahkan untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Mungkin Anda sanggup menambahkan atau apakah saya lupa sesuatu?
LihatTutupKomentar