Penggunaan Who, Whom, Whose, Which, That, What

 kalau dipakai dalam kalimat tanya dan noun clause PENGGUNAAN WHO, WHOM, WHOSE, WHICH, THAT, WHAT



A. Penggunaan WHO vs WHOM
Relative pronoun who dan whom dua-duanya berarti “siapa” kalau dipakai dalam kalimat tanya dan noun clause. However, who dan whomdua-duanya akan berarti “yang” kalau dipakai dalam adjective clause.
Dalam formal writing or speaking, penerapan who dan whom sedikit tidak sama.

a. Penggunaan WHO vs WHOM dalam kalimat tanya

Dalam kalimat tanya (interrogative),who dipakai untuk menanyakan subject kalimat.
Pola penerapan who yaitu sebagai diberikut:
Who + verb + object + …?
1. Who has this great house? (Siapa punya rumah bagus ini?).
3. Who will accompany you to the party? (Siapa yang akan menemani engkau ke pesta itu?).
Kalau ketiga kalimat tanya di atas dijawaban, maka akan terlihat bahwa who memang menggantikan subject kalimat.

Penggunaan WHICH dalam noun clause

Pola penerapan which noun atau which one dalam noun clause pada prinsipnya sama dengan pola pada kalimat tanya.
1. I’d like to know which bank got robbed. (Aku ingin tahu bank yang mana yang dirampok). Noun clause sebagai object kalimat.

2. Can you predict which candidate will win the contest? (Dapatkah memprediksi kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?). Noun clause sebagai object kalimat.

3. I am wondering which books are on sale now. (Aku ingin tahu buku-buku yang mana yang sedang diobral sekarang). Noun clause sebagai object kalimat.

4. Which countries have been considered as developed ones can be read on Chapter three. (Negara-negara yang mana yang sudah dianggap negara-negara maju sanggup dibaca pada Bab 3). Noun clause sebagai subject kalimat.

5. We put the two glasses so close that we don’t know which juice is mine and which juice is his. (Kami menaruh kedua gelas (mencakupkan jus) begitu bersahabat sehingga kami tidak tahu jus yang mana jusku dan jus yang mana jus dia).

6. I can’t decide which homework must be done now. (Aku tidak sanggup memutuskan PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?).

7. My father always asks me which language I prefer to study. (Ayahku selalu bertanya kepadaku bahasa yang mana yang saya lebih suka pelajari).

8. I want to make sure which juice you just drank. (Jus yang mana yang engkau minum tadi?).

9. Please tell me which places you will choose for your vacation! = Which ones will you choose for your vacation? (Katakan padaku tempat-tempat yang mana yang akan engkau pilih untuk liburanmu?).
melaluiataubersamaini menggantikan noun setelah which dengan one atau ones (jika nounnya plural) maka diperoleh kalimat-kalimat diberikut:

1. I’d like to know which one got robbed. (Aku ingin tahu bank yang mana yang dirampok). Noun clause sebagai object kalimat.

2. Can you predict which one will win the contest? (Dapatkah memprediksi kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?). Noun clause sebagai object kalimat.

3. I am wondering which ones are on sale now (Aku ingin tahu buku-buku yang mana yang sedang diobral sekarang). Noun clause sebagai object kalimat.

4. Which ones have been considered as developed ones can be read on Chapter three? (Negara-negara yang mana yang sudah dianggap negara-negara maju sanggup dibaca pada Bab 3). Noun clause sebagai subject kalimat.

5. We put the two glasses so close that we don’t know which one is mine and which juice is his? (Kami menaruh kedua gelas (mencakupkan jus) begitu bersahabat sehingga kami tidak tahu jus yang mana jusku dan jus yang mana jus dia).

6. I can’t decide which one must be done now? (Aku tidak sanggup memutuskan PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?)

7. My father always asks me which one I prefer to study. (Ayahku selalu bertanya kepadaku bahasa yang mana yang saya lebih suka pelajari).

8. I want to make sure which one you just drank. (Aku ingin meyakinkan jus yang mana yang engkau minum tadi?).

9. Please tell me which ones you will choose for your vacation!  (Katakan padamu tempat-tempat yang mana yang akan engkau pilih untuk liburanmu?).

Dan kalau kita perhatikan (khususnya pola 7-9),  kalimat tanya berkembang menjadi kalimat positif (affirmative) atau juga dalam kalimat negatif,  jika dipakai sebagai noun clause. INI yang disebut dengan embedded question yang sudah banyak dibahas pada topik: Teknik Membuat Embedded Questions. Dan cara membuat noun clause sanggup dibaca pada topik: Noun clauses.
C. Penggunaan WHICH dalam adjective clause
Dalam adjective clause, which spesialuntuk sanggup dipakai untuk menggantikan benda.Which tidak pernah dipakai untuk menggantikan orang walaupun dalam informal speaking sekali pun.
Pola penerapan which dalam adjective clause (relative clause) yaitu sebagai diberikut:

which + verb +… (jika which menggantikan subject kalimat)

which + subject + verb +… (jika which menggantikan object kalimat)
Yang juga perlu diperhatikan saat memakai which dalam adjective clause yaitu tipe benda yang digantikannya atau diacunya. Jika benda yang digantikannya atau diacunya singular dan uncountable maka verb yang mengikuti which juga harus singular, sebaliknya kalau benda yang digantikannya atau diacunya  plural (jamak) maka verb yang mengikuti which juga harus plural.
misal:

1. The books which were on sale last week have been sold out. (Buku-buku yang diobral ahad kemudian sudah terjual habis). Which menggantikan plural noun: the books.

2. The photos which you gave me twenty-five years ago still look good in my photo album. (Foto-foto yang engkau diberikan saya 25 tahun yang kemudian masih tampak bagus di album fotoku).

3. The book which is on the table is mine. (Buku yang di atas meja itu yaitu bukuku). Which menggantikan singular noun: the book.

4. We are studying sentences which contain adjective clauses. (Kita sedang mempelajari kalimat-kalimat yang mengandung adjective clause).

5. The movie which we saw last week wasn’t very good.
Kelima pola kalimat ini mengandung restrictive clause, yaitu adjective clause yang tidak sanggup dihilangkan dari kalimat, lantaran kalau dihilangkan makna kalimatnya menjadi berubah atau menjadikan pertanyaan bagi lawan bicara. Dalam hal ini, which sanggup dipakai secara interchangable dengan THAT.


1. The books that were on sale last week have been sold out. (Buku-buku yang diobral ahad kemudian sudah terjual habis).

2. The photos that you gave me twenty-five years ago still look good in my photo album. (Foto-foto yang engkau diberikan saya 25 tahun yang kemudian masih tampak bagus di album fotoku).

3. The book that is on the table is mine. (Buku yang di atas meja itu yaitu bukuku).


4. We are studying sentences that contain adjective clauses. (Kita sedang mempelajari kalimat-kalimat yang mengandung adjective clause).

5. The movie that we saw last week wasn’t very good.
Tetapi, which dan that tidak interchangable pada nonrestrictive clause, yaitu adjective clause  yang spesialuntuk memdiberi info embel-embel yang tidak begitu penting kepada noun yang diterangkannya. Jika dihilangkan dari kalimat, makna kalimatnya tidak berubah dan tidak menjadikan  pertanyaan atau tidak membuat lawan bicara bingung.
misal:

1. The fish, which cannot survive without water, should be kept underwater all the time. (Ikan itu, yang tidak sanggup hidup tanpa air, harus selalu berada di dalam air).

2. Sea water, which is salty, is where sea weeds grow. (Air laut, yang rasanya asin, yaitu kawasan rumput maritim tumbuh).


3. A horse, which has four legs, runs faster than a man, who has two legs.
Ajective clause pada ketiga pola ini yaitu nonrestrictive clause (perhatikan: adjective clause ini diletakan di antara koma pembuka dan koma penutup). Dalam hal ini, which tidak sanggup digantikan dengan that.

1. My father has this great car. Atau disingkat:  My father does.
2. Neil Armstrong was the first human to set foot on the moon surface. Atau : Neil Armstrong was.
3. My cousin will. (Sepupuku).
Whom dalam kalimat tanya (inte/;rrogative) dipakai untuk untuk menanyakan object kalimat. Whom tidak pernah dipakai untuk menggantikan subject kalimat. Pola penerapan whom yaitu sebagai diberikut:
Whom + auxiliary/kata menolong + subject + verb + …?
1. Whom do you love more? (Siapa yang lebih engkau cintai?).

2. For whom did he buy that necklace? For his girl friend? (Untuk siapa beliau membeli kalung itu? Untuk pacarnya?).

3. With whom will you go to the cinema? (melaluiataubersamaini siapa engkau akan pergi ke bioskop itu?).
Walaupun letak whom di awal kalimat, whom ini sebetulnya menanyakan atau menggantikan object kalimat. Perhatikan jawabanan dari ketiga pertanyaan di atas diberikut ini. (Yang dicetak tebal yaitu kata-kata yang digantikan oleh whom dan berfungsi sebagai object kalimat.
1. I love you more. (Aku lebih menyayangi engkau).

2. No, It was not for his girl friend. He bought that necklace for his sister. (Bukan, kalung itu bukan untuk pacarnya. Dia membeli kalung itu untuk adiknya). Dalam kalimat ini that necklace yaitu direct object, sedangkan his sister yaitu indirect object.

3. I will go to the party with my cousin. (Aku akan pergi ke pesta itu dengan sepupuku).

b. Penggunaan WHO vs WHOM dalam noun clause dan adjective clause
Penggunaan who dalam noun clause dan adjective clause yaitu sama dengan penerapan who pada kalimat tanya, yaitu untuk menggantikan orang yang posisinya sebagai subject kalimat.
1. Would you tell me who has this car? (noun clause)

2. Neil Armstrong, who was the first human to set foot on the moon surface, is from the United States. (adjective clause).

3. I’d like to know who will accompany you to the party. (noun clause).
Dan begitu juga dengan penerapan whom. Pada noun clause dan adjective clause,whom dipakai untuk menggantikan orang yang posisinya sebagai object kalimat. Bedanya dengan kalimat tanya yaitu tidak digunakannya atau tidak dilakukan inversi auxiliary ke depan subject kalimat. melaluiataubersamaini kata lain, setelah whom pribadi diikuti oleh subject kalimat. Pola ini sudah banyak dibahas pada topik: How to Address Questions dan Teknik Membuat Embedded Questions.

1. Please tell me whom you love more! (Tolong kasi tahu saya siapa yang lebih engkau cintai). Noun clause. Perhatikan: kata menolong DO dihilangkan lantaran kata menolong DO tidak dipakai dalam embedded question.

2. Do you know for whom he bought that necklace? (Apakah engkau tahu untuk siapa beliau membeli kalung itu?). Noun clause.

3. My cousin with whom I will go to the party is very pretty? (Sepupuku orang yang akan saya ajak ke pesta itu yaitu sangat cantik). Adjective clause.

Remember: Selalu gunakan rules di atas in FORMAL writing or formal speaking (misalnya dalam ujian di sekolah dan test TOEFL).In informal writing or speaking, however, native English speakers lebih sering memakai who untuk menggantikan object kalimat.
1. Please tell me who you love more!
2. Do you know who he bought that necklace for ?
3. My cousin who I will go to the party with is very pretty?

Selain itu, bule juga sering memakai THAT untuk menggantikan orang yang posisinya sebagai subject dan object kalimat.
1. The first human that set foot on the moon surface was Neil Armstrong. Adjective clause.
2. You’d better get dressed now because the beautiful girl that you told me last night will come over to our place in less than an hour. (Kamu sebaiknya ganti pakaian kini lantaran cewek anggun yang engkau bilang ke saya tadi malam akan mampir ke kawasan (rumah) kita dalam waktu kurang dari satu jam).
B. Penggunaan WHOSE
Relative pronoun whose kalau dipakai dalam kalimat tanya juga berarti “siapa”, sedangkan kalau dipakai dalam noun clause dan adjective clause biasanya diterjemahkan menjadi “nya”. Hal ini tergantung pada konteks kalimat.

a. Penggunaan WHOSE dalam kalimat tanya
Berbeda dengan penerapan who dan whom, penerapan whose pada umumnya diikuti oleh noun (i.e. whose + noun), dan dipakai untuk menyatakan kepemilikan  (siapa yang punya) noun tersebut. Pola kalimat tanya yang memakai whose adalah:
Whose noun + verb + object + …? (jika yang ditanyakan yaitu subject kalimat; Lihat contoh1&2 di bawah)
Whose noun + auxilliary/kata menolong + verb + object + …? (jika yang ditanyakan yaitu object kalimat; Lihat pola 3-4)

1. Whose book is this? (buku siapakah ini?) = Who has this book?
2. Whose money got stolen? (Uang siapa yang dicuri?) = Who has the money that got stolen?
3. Whose book did you copy? (Buku siapa yang engkau copy?) = Who has the book (that) you copied?

4. Whose cloth are you wearing? (Bajunya siapa yang sedang engkau pakai?) = Who has the cloth (that) you are wearing?

b. Penggunaan WHOSE dalam noun clause dan adjective clause
Dalam noun clause dan adjective clause, makna whose pada prinsipnya sama denganhis, her, its, dan their.
1. I know the man whose car was parked in front of your house. (Aku tahu perjaka yang mobilnya diparkir di depan rumahmu). Adjective clause. whose car = his car.

2. The juries are still debating whose performance was the best. (Para juri masih sedang berdebat performa siapa yang terbaik). Noun clause. whose performance = his/her performance.

3. Some Indonesian people have historic sculptures whose values are inestimable in their house. (Beberapa orang Indonesia punya patung-patung bersejarah yang nilainya tidak sanggup diprediksi (saking mahalnya) di rumah mereka).  Adjective clause. whose values = their values.

4. We will leave the apartment whose rent will soon be sharply increased . (Kami akan meninggalkan (pindah dari) apartement yang sewanya akan segera dinaikkan secara tajam. whose rent = its rent.


ok guys mungkin itu sedikit klarifikasi terkena penerapan who, whom, whose, which, what, that dalam kalimat. 

LihatTutupKomentar