14 Fungsi Kata Kerja Bantu Modals Dalam Bahasa Inggris


Pada goresan pena sebelumnya terkena pengertian modal, fungsi modal, ciri-ciri modal dan penerapan modal sudah disebutkan terkena 16 jenis modal atau kata kerja menolong yang dipakai dalam bahasa Inggris. Pada peluang ini akan dijelaskan terkena fungsi modal tersebut.

Ada 14 fungsi modal dalam bahasa Inggris yaitu fungsi conclusion meaning yang terbagi 2 yaitu menyatakan kemungkinan ( possibility ) dan menyatakan ketidakmungkinan ( impossibility ). Fungsi modal lainnya yaitu spontguaity meaning untuk menyatakan impian atau doa ( wishes ), kemampuan ( ability ),  keharusan (necessity ) , larangan ( prohibition ), nasehat ( advisability ), masukan ( suggestion ), pengharapan ( expectation ), kebiasaan lampau ( habit in the past ), pilihan ( Preference ), undangan ( request ), izin ( permission ) dan semi modal .

Perlu kita tahu bahwa satu kata kerja menolong modal bisa mempunyai lebih dari satu fungsi. Dan untuk menyatakan satu fungsi modal bisa ditetapkan dengan lebih dari satu macam kata kerja menolong modal. 

 Pada goresan pena sebelumnya terkena pengertian modal 14 Fungsi Kata Kerja Bantu Modals dalam Bahasa Inggris



Untuk memahami fungsi kata kerja menolong modal lebih jelas, maka diberikut ini yaitu penjelasannya.

1.    Fungsi menyatakan POSSIBILITY ( KEMUNGKINAN ) Kata kerja menolong modal


Fungsi possibility modal ini dipakai dalam 6 bentuk waktu atau tenses dan dalam 4 rumus kalimat. Untuk menjalankan fungsi menyatakan kemungkinan, ada 8 jenis kata kerja menolong modal yang bisa digunakan, yaitu:
a.     Can, could, may, might, should, dan ought to  yang berarti Mungkin
b.    Must dan will yang berarti Pasti

 

2.    Fungsi menyatakan IMPOSSIBILITY ( KETIDAKMUNGKINAN ) kata kerja menolong modal


Fungsi impossibility modal dipakai dalam 6 tenses dalam 4 bentuk kalimat. Berikut ini yaitu kata kerja menolong modal yang berfungsi untuk menyatakan ketidak mungkinan :
a.    Can not, could not : berarti tidak mungkin
b.    May not, might not : berarti mungkin tidak
c.    Must not : berarti niscaya tidak

 

3.    Fungsi modal untuk menyatakan impian ( WISHES )


Fungsi modal ini dipakai pada 4 tenses dalam satu bentuk kalimat. Untuk menyatakan fungsi ini, kata kerja menolong modal yang dipakai yaitu “may” yang berarti semoga.

 

4.    Fungsi modal untuk menyatakan kemampuan ( ABILITY )


Untuk menyatakan kemampuan,  ada 3 modal yang bisa dipakai yaitu “ can, could dan be able to” yang tiruananya mempunyai arti sama yaitu “ sanggup / bisa / bisa “. Fungsi ability modal dipakai dalam 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat.

 

5.    Fungsi menyatakan NECESSITY ( keharusan ) kata kerja menolong modal


Fungsi modal untuk menyatakan keharusan dipakai pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat. Untuk menyatkan fungsi necessity ini, kata kerja menolong modal yang dipakai yaitu :
a.    Must, have to, have got to, dan be to yang berarti harus
b.    Don’t have to dan needn’t yang berarti tidak harus atau tidak perlu

 

6.    Fungsi menyatakan PROHIBITION ( larangan ) kata kerja menolong modal


Fungsi ini dipakai pada  4 tenses dalam satu bentuk kalimat. Kata kerja menolong modal yang dipakai adalan “mustn’t” yang artinya tidak boleh.

 

7.    Fungsi menyatakan ADVISABILITY ( Nasehat ) kata kerja menolong modal


Untuk menyatakan fungsi advisability yang dipakai untuk mempersembahkan nasehat, kata kerja menolong modal yang dipakai yaitu “ should, ought to, had better, be supposed to “ yang berarti seharusnya, sebaiknya atau lebih baik. Fungsi kata kerja menolong ini dipakai pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat.

 

8.    Fungsi mempersembahkan SUGGESTION ( masukan ) kata kerja menolong modal


Fungsi modal ini dipakai pada 6 tenses dalam dua bentuk kalimat. Kata kerja menolong yang dipakai yaitu “could” yang diartikan “seharusnya, sebaiknya, lebih baik”

 

9.    Fungsi menyatakan EXPECTATION ( Harapan )


Untuk menyatakan fungsi pengharapan, maka yang dipakai adala Similar Expression of Modal ( SEOM ) atau kata menolong pengganti modal. Penjelasan terkena SEOM bisa dibaca pada artikel lainnya. SEOM yang dipakai yaitu “be to” yang mempunyai arti “ diharapkan, berharap, ditakdirkan, dan dijadwalkan “. SEOM lainnya yaitu “Be Supposed to” yang artinya “diharapkan, dipercaya, dijadwalkan”.

 

10.    Fungsi modal untuk menyatakan HABIT IN THE PAST ( kebiasaan di waktu lampau )


Fungsi ini dipakai pada dua tenses dalam satu bentuk kalimat. Kata kerja menolong modal yang dipakai yaitu would dan used to yang berarti dulu terbiasa.

 

11.    Fungsi modal untuk menyatakan PREFERENCE ( Pilihan )


Untuk menyatakan fungsi ini, maka kata kerja menolong modal yang dipakai yaitu “would rather” yang berarti lebih suka. Fungsi modal ini ditetapkan pada 6 tenses dan 4 bentuk kalimat.

 

12.    Fungsi kata kerja menolong modal  untuk menyatakan REQUEST ( Permintaan )


Fungsi ini dipakai dalam 4 tenses dan satu bentuk kalimat. Untuk menyatakan permintaan, maka modal yang dipakai yaitu :
a.    May,might, could dan can yang berarti bolehkah dipakai kalau subjeknya yaitu orang pertama tunggal dan ketiga tunggal.
b.    Will, would, could dan can yang berarti sudikah dipakai kalau subjeknya yaitu you.

 

13.    Fungsi kata kerja menolong modal untuk menyatakan PERMISSION ( Izin )


Fungsi modal untuk menyatakan izin ini dipakai pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat. Modal yang digunkan yaitu “ may, might, can, dan could” yang berarti boleh atau diizinkan. Selain itu, juga dipakai SEOM “Be allowed to” yang mempunyai arti yang sama.

 

14.    Semi modal


Semi modal mempunyai fungsi sebagai ordinary dan terkadang sebagai auxiliary sehingga disebut sebagi “ SEMI MODAL”. Semi modal yaitu “ Need dan Dare”
Demikianlah klarifikasi umum terkena fungsi modal dan similar expression of modal. Penjelasan lebih lengkap terkena fungsi-fungsi modal bahasa Inggris ini akan dijelaskan pada artikel lainnya secara lebih terperinci disertai dengan pola kalimat.
Semoga bermanfaa.
LihatTutupKomentar