Penggunaan Kata Have, Has, Dan Had Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Have, Has, dan Had Dalam Bahasa Inggris – Terdapat berbagai variasi penerapan have, has, dan had dalam kalimat bahasa inggris, tentu anda sendiri sebagai pelaku yang aktif dalam berkomunikasi memakai bahasa inggris akan sering menemuinya. Hal ini wajar, alasannya ialah have, has, dan had ialah komponen penting dalam tata bahasa inggris. Have, has, dan had ialah salah satu primary auxiliary verb, primary auxiliary verb ialah kata kerja menolong yang tidak punya arti tetapi memmenolong dalam pembentukan aksara tenses. Makara tidak heran kalau anda sering sekali menemui kata primary auxiliary verb yang satu ini.

Have, has, had ialah kata kerja menolong, walaupun istilahnya ialah kata kerja menolong, namun kata tersebut tetap saja ialah kata kerja (verb) sehingga mempunyai perubahan sesuai dengan verb form yang ada, have dan has ialah verb1 yang di bedakan ke dalam bare invinitive (have) dan additional infinitive (has) yang mana penerapannya nanti akan mempengaruhi/dipengaruhi oleh subjek , sedangkan had ialah verb2 dan verb3 (irregular verb – perubahan tak beraturan), serta perubahan verb + ing yang akan menjadi having.

Pelajari juga: Kata kerja.

Pada dasarnya kata have, has, dan had di bedakan ke dalam tiga penerapan, yaitu penerapan menurut subjeknya, menurut fungsinya, dan penerapan menurut fungsi tenses. Coba perhatikan klarifikasi di bawah ini.

 Terdapat berbagai variasi penerapan have Penggunaan Kata Have, Has, dan Had Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Have, Has, dan Had menurut subjeknya
Tidak tiruana subjek sanggup memakai have, begitu juga sebaliknya tidak tiruana subjek sanggup memakai has, namun untuk kata had sanggup di gunakan oleh tiruana subjek. Makara khusus untuk kata had, anda tidak perlu risau membedakan mana subjek yang sanggup memakai dan mana subjek yang tidak sanggup menggunakannya. Subjek sendiri sanggup berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase.
Subjek Have/has
IHave
YouHave
HeHas
SheHas
ItHas
WeHave
TheyHave
BoyHas
BoysHave
GirlHas
GirlsHave
Beautiful girlHas
Beautiful girlsHave
My friendHas
My friendsHave
All of my friendsHave
My fatherHas
My brotherHas
Shinta (nama orang)Has
Budi (nama orang)Has
Etc…

Penggunaan Kata Have, Has, Dan Had Berdasarkan Fungsinya
1. Fungsi kepemilikan, di gunakan untuk mengatakan suatu kepemilikan.
misal :
  1. I have much money. (Saya punya banyak uang)
  2. She doesn't have money at all. (Dia tidak punya uang sama sekali.)
Advertisement




2. Fungsi keharusan, penerapan fungsi ini menyerupai halnya penerapan kata must yang berarti harus. Untuk memakai fungsi ini, maka harus di ikuti dengan to.
misal :
  1. I have study. (Saya harus berguru dengan giat.)
  2. I don’t have study hard. (Saya tidak harus berguru dengan giat.)
3. Fungsi menyuruh, mengatakan suatu perintah.
misal :
  1. My father has me study hard. (Ayahku menyuruh saya untuk berguru dengan giat.)
  2. I have my room repaired. (Saya memperbaikkan kamarku.) – menyuruh orang lain untuk memmembersihkankan kamar.
4. Fungsi melakukan.
misal :
  1. I was having lunch when the robbery happened. (Saya sedang makan siang dikala perampokan terjadi.)
  2. I was having dinner when the robbery happened. (Saya sedang makan malam dikala perampokan terjadi.)
5. Fungsi masukan/anjuran, fungsi ini spesialuntuk untuk had saja. Penggunaannya harus di ikuti dengan kata better yang akan bermakna seharusnya/sebaiknya.
contoh:
  1. Your score was very terrible. You had better study hard if you want to pass the exam! (Nilai engkau sangat jelek sekali. Kamu sebaiknya/seharusnya berguru dengan ulet kalau ingin lulus ujian!)
  2. Your friends had better apologize to Mr. Tom, or he will not give them the score. (Teman-kawanmu sebaiknya minta maaf kepada Tuan Tom, atau ia tidak akan memdiberi mereka nilai.)
Baca lebih lanjut: Had better dalam mempersembahkan masukan/anjuran.

Penggunaan Kata Have, Has, dan Had Berdasarkan Tenses
Ada beberapa tenses yang mengakibatkan have, has, dan had sebagai bab dari rumus tenses tersebut. Tenses yang memakai have, has, dan had sebagai bab dari rumusnya ialah present perfect tense, present perfect continuous tense, past perfect tense, past perfect continuous tense, future perfect tense, future perfect continuous tense, past future perfect tense, dan past future perfect continuous tense. Rumus-rumus dari tenses yang di sebutkan tersebut ialah sebagai diberikut:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing

Jika dalam rumus di atas di tuliskan “have/has” maka penerapannya tergantung dengan subjek, namun kalau tidak di tulis demikian maka tidak tergantung dengan subjeknya, kalau dalam rumus spesialuntuk di tulis “have” maka apapun subjeknya tetap memakai have. Untuk melihat teladan penerapan have, has, dan had dalam tenses, sanggup anda simak pada materi yang sudah saya diberikan sebelumnya (lihat hidangan di atas).

Selanjutnya: Soal tes penerapan have, has, dan had.
---
Ok, mungkin itu saja apa yang sanggup saya ulas seputar penerapan have, has, dan had dalam bahasa inggris. Semoga ulasan penerapan have, has, dan had di atas sanggup mempersembahkan pemahaman yang lebih baik kepada anda tiruananya. Jangan lupa untuk tetap belajar.
LihatTutupKomentar