Pengertian, Rumus, Dan Teladan Kalimat Simple Present Tense

Pengertian, Rumus, Dan misal Kalimat Simple Present Tense – Tense ini yakni pecahan dari present tense, sebelumnya saya juga sudah pertanda secara luas bahan present tense, namun untuk kali ini lingkup pembahasan akan dipersempit  dan spesialuntuk akan mengulas simple present tense, baik itu pengertian, rumus maupun pola kalimat simple present tense. Menurut saya pribadi, Tense ini sangat utama untuk kalian dipelajari sebab simple present tense yakni tense yang paling sering digunakan. Hal ini sangat wajar, sebab waktu aktifitas atau kejadian dari simple present tense yakni “saat ini” atau sanggup dibilang bahwa simple present tense yakni bentuk kata kerja yang secara umum dikuasai dalam keseharian kita.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan pengertian simple present tense dibawah ini.

Pengertian Simple Present Tense
Video dibawah ini mungkin juga sanggup memperjelas pemahaman anda.



Simple present tense yakni suatu bentuk kata kerja yang dipakai untuk mengungkapkan kejadian yang terjadi ketika ini yang sanggup berupa habitual action (kebiasaan ketika ini), general truth (kebenaran umum (termasuk fakta dan informasi)), time table and plan (jadwal atau rencana), serta yang terakhir dipakai untuk mengungkapkan  description or definition (penjelasan atau definisi).

Kebiasaan ketika ini (habitual action)
Mungkin yang menjadi pertanyaan yakni apa yang dimaksud dengan kebiasaan? Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan kebiasaan yakni hal yang dilakukan secara berulang, misalkan membaca buku setiap pagi, berangkat sekolah selalu sempurna waktu, mandi setiap hari, dll. Dari sedikit pola tersebut sanggup kita perhatikan ya, bahwa apa yang dilakukan selalu berulang, tidak spesialuntuk dilakukan satu kali, dua kali namun berulang-ulang. Itulah yang dimaksud dengan kebiasaan. Kemudian apa yang dimaksud dengan kebiasaan ketika ini tentu saja suatu kegiatan atau kegiatan yang ketika ini dilakukan secara berulang-ulang.

Ada sebuah time signals yang mengatakan bahwa suatu kegiatan atau kegiatan tertentu dilakukan berulang-ulang, yaitu
Time signalArti
AlwaysSelalu
Every daySetiap hari
Every yearSetiap tahun
Every monthSetiap bulan
Every weekSetiap minggu
UsuallyBiasanya
NeverTidak pernah
OftenSering
SeldomJarang
SometimesKadang-kadang
Once a weekSeminggu sekali
Twice a weekSeminggu dua kali
Etc..

Kebenaran umum (general truth)
Apa yang dimaksud dengan kebenaran umum yakni suatu hal yang sudah diketahui oleh khalayak banyak dan tak sanggup terbantahkan lagi, termasuk juga fakta dan informasi. Misalkan ibarat matahari terbit dari timur, api itu gerah, dll, kemudian fakta dan informasi ibarat saya orang jawa, merokok berbahaya untuk kesehatan, dll.
Advertisement




Jadwal atau rencana
Untuk mengungkapkan suatu kejadian atau kegiatan yang sudah terjadwal atau terencana, misalkan ibarat pertandingan sepakbola antara Real Madrid VS Barcelona akan dimulai jam 7, rumah makan buka jam 7 dan tutup jam 10, dll.

Penjelasan atau definisi
Untuk mengungkapkan suatu klarifikasi atau definisi terhadap suatu hal, contohnya ibarat wartawan yakni seseorang yang mencari diberita, dosen mengajar dikampus dan mempersembahkan tugas-tugas kepada para mahasiswa, dll.

Selain hal-hal diatas, simple present tense juga sanggup dipakai untuk mengungkapkan suatu pernyataan, perasaan, pemikiran, perintah atau intruksi, dan lain-lain. Misalnya ibarat ia sangat cantik, saya suka dia, saya sibuk, saya oke dengan itu, engkau pergilah ke sana, dll.

 Dan misal Kalimat Simple Present Tense Pengertian, Rumus, Dan misal Kalimat Simple Present Tense

Rumus Simple Present Tense
Simple present tense ini sanggup dipakai pada banyak situasi ibarat yang sudah dijelaskan diatas, namun demikian spesialuntuk ada dua rumus dasar yang sanggup digunakan, dan tentu rumus ini sanggup diaplikasikan pada tiruana situasi tersebut. Dibawah ini yakni rumusnya :

Rumus Simple Present Tense :
S + is/am/are + non verb
S + verb1 (s/es){additional infinitive}

S yakni subjek, subjek sendiri sanggup berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase. Sedangkan verb1 yakni kata kerja, dalam hal ini kata kerja sanggup didiberi pelengkap akhiran s/es atau tidak tergantung dengan subjeknya, begitu pula dengan penerapan is/am/are juga tergantung dengan subjeknya, untuk pertanda hal ini, coba kalian perhatikan tabel dibawah ini.
Subjek Is/am/are Akhiran s/es
I AmNo
YouAreNo
SheIsYes
HeIsYes
ItIsYes
WeAreNo
TheyAreNo
GirlIsYes
GirlsAreNo
Beautiful girlIsYes
Beautiful girlsAreNo
BoyIsYes
BoysAreno
Shinta (nama seseorang)IsYes
Budi (nama seseorang)IsYes
Etc…

misal Kalimat Simple Present Tense
Berikut yakni pola kalimat simple present tense menurut pada penerapanya ibarat yang sudah dijelaskan diatas.
Fungsi misal kalimat simple present tense
Kebiasaan ketika ini (habitual action)Budi usually comes on time. (Budi biasanya hadir sempurna waktu.)

I read some English books everyday. (Saya membaca beberapa buku bahasa inggris setiap hari.)

They learn mathematics once a week. (Mereka berguru matematika seminggu sekali.)
Kebenaran umum, fakta, dan informasiThe sun rises from the east. (Matahari terbit dari timur.)

My mother is a woman. (Ibuku yakni seorang wanita.)

I am Javguase. (Saya orang jawa.)

Smoking damages lungs. (Merokok merusak paru-paru.)
Jadwal atau rencanaThe supermarket opens at 08:00 and closes at 10:00. (Supermarket buka pukul 8 dan tutup pukul 10.)

The airplgua arrives at 09:00 p.m. (Pesawat datang pukul 9 malam.)

Jawa bazar starts tomorrow. (Festival jawa dimulai besok.)
Penjelasan atau definisiThe lecturer is a person who explains a knowledge and science to the students. (Dosen yakni seorang yang pertanda sebuah pengetahuan dan ilmu kepada para mahasiswa.)

A journalist is a person who search for news. (Wartawan yakni seseorang yang mencari diberita.)
Fungsi lainnyaShe is really beautiful. (Dia benar-benar cantik.)

I love you. (Aku cinta engkau.)

We are busy. (kita sibuk.)

Kini saatnya kalian tes mengerjakan soal simple present tense

Oke, sekian bahan ini yang sanggup saya sampaikan, supaya bahan Pengertian, Rumus, Dan misal Kalimat Simple Present Tense diatas sanggup bermanfaa untuk kalian tiruananya.
LihatTutupKomentar