Contoh Kalimat Suggestion! Cara “Giving Suggestion”

misal Kalimat Suggestion! Teknik “Giving Suggestion” – Suggestion atau masukan yaitu sesuatu yang kita diberikan atau seseorang diberikan kepada orang lain yang terkena problem ataupun kesusahan, pada pada dasarnya suggestion dipakai untuk mempersembahkan jalan keluar/solusi/masukan kepada orang lain, perlu digaris bawahi ya “jalan keluar atau solusi/masukan”, bukan suatu pandangan/pendapat, jikalau kalian ingin mempersembahkan suatu pandangan atau pendapat terhadap suatu hal kepada orang lain, itu lebih sempurna disebut giving opinion. Antara giving suggestion dan giving opinion perlu kita bedakan, sebab cara mempersembahkannya juga tidak sama, secara kebijaksanaan juga akan terlihat guah jikalau kita mempersembahkan masukan kepada orang lain yang meminta pendapat.

Kaprikornus untuk membedakan antara kedua hal tersebut, kalian spesialuntuk perlu menyimak bahan giving suggestion ini sampai selesai, dan baca juga bahan giving opinion.

Dalam postingan bahan kali ini, sebelum saya mempersembahkan pola kalimat suggestion, saya ingin menandakan secara detail tata cara mempersembahkan masukan terlebih lampau, akan lebih simpel jikalau kalian tahu tata caranya sekaligus daripada spesialuntuk melihat pola kalimat suggestion saja, iya’kan? Oke, diberikut yaitu pembahasannya :

 Suggestion atau masukan yaitu sesuatu yang kita diberikan atau seseorang diberikan kepada oran misal Kalimat Suggestion! Teknik “Giving Suggestion”Teknik Giving Suggestion
Dalam mempersembahkan masukan, ada dua kondisi/situasi yang harus kita bedakan yaitu, situasi yang biasa-biasa saja dan situasi yang berbahaya/gawat. Situasi biasa yaitu situasi dimana problem yang dihadapi oleh seseorang yang membutuhkan masukan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan, singkatnya yaitu “masalah kecil”. Sedangkan situasi berbahaya yaitu situasi dari problem yang mempunyai pengaruh signifikan, “masalah besar”. Besar kecilnya suatu masalah, itu tergantung dengan evaluasi kalian masing-masing, saya yakin setiap orang mungkin akan tidak sama dalam menilai suatu masalah, perbedaan ini tidak akan menyampaikan siapa yang salah dan siapa yang benar, ini spesialuntuk problem evaluasi dari setiap orang.

Teknik Giving Suggestion -  Situasi Biasa
Untuk mempersembahkan suatu masukan dalam situasi yang biasa-biasa saja, maka gunakanlah rumus diberikut ini :

Rumus :
S + Should + Verb1 atau S + Ought to + Verb1

Keterangan :
  • S yaitu subjek, subjek sanggup berupa noun, pronoun, dan noun phrase
  • Verb1 yaitu kata kerja
  • Should dan Ought to artinya “harus”
misal :
  • Budi should apologize to Mr. Rohmat – Budi harus meminta maaf kepada Tuan Rohmat
  • Your friend ought to study hard this semester – Teman engkau harus berguru keras semester ini
Teknik Giving Suggestion – Situasi Gawat/berbahaya
Dalam situasi yang sekiranya gawat, maka gunakanlah rumus diberikut :
Rumus :

S + Had better +Verb1

*Had better = seharusnya
Advertisement




misal :
  • You had better study hard this semester
  • You had better go to work today
misal-contoh diatas yaitu pola dalam mempersembahkan suatu masukan, namun perlu diingat bahwa dalam mempersembahkan masukan sebaiknya disertai dengan suatu alasan. Yang dimaksud alasan yaitu alasan kenapa kalian memdiberi masukan. misal, “if your friend want to pass the exam, He had better study hard”. Bisa kita lihat, yang digaris bawahi yaitu suatu alasan kita untuk menyatakan suatu masukan. Lebih lengkapnya, silahkan baca pola kalimat suggestion dibawah ini, disertai permasalahannya juga.

misal Kalimat Suggestion

Problems :
The first problem

My Brother said that I stole his money, and all of my family think I really steal it. You know what? I really do not steal it, what should I do?

(Saudara saya menyampaikan bahwa saya mencuri uangnya, dan tiruana keluarga saya berpikir saya benar-benar mencurinya. Apa kamu tahu? Aku benar-benar tidak mencurinya, apa yang harus saya lakukan?)

The second problem
“Yesterday, Our Lecturer was giving a quiz. The quiz is very important to build our score. But, My friend, Usman, came late to the class because He got an accident on the way to campus. What should Usman do?"
 

(Kemarin, dosen kami member kuis. Kuis sangat penting untuk meningkatkan nilai kami. Tetapi, temen aku, Usman, terlambat hadir/masuk ke kelas sebab ia mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke kampus. Apa yang harus Usman lakukan?)

Suggestions :

Suggestion for The first problem
“You had better explain that to them, especially to your brother because if He really angry, He can demand you, and you will get in jail”

(Kamu seharusnya menandakan itu kepada mereka, terutama kepada saudaramu sebab jikalau ia benar-benar marah, ia sanggup menuntutmu, dan engkau sanggup masuk penjara)

Suggestion for The second problem
“Usman should ask the quiz to His Lecturer, or He will not get a score”

(Usman harus meminta kuis kepada dosen dia, atau ia tidak akan sanggup nilai)

Diatas yaitu pola kalimat suggestion sederhana yang sanggup saya diberikan, agar bermanfaa untuk kalian tiruana.
LihatTutupKomentar