Recount Text – Definisi, Generic Structure, Serta Contoh

Recount ialah sebuah kisah yang dipakai untuk menceritakan sebuah pengalaman atau kejadian dengan tujuan mempersembahkan informasi dan hiburan. Beberapa jenis recount text yakni sebagai diberikut:

Personal recount, dipakai untuk menceritakan pengalaman langsung serta sanggup dipakai untuk membangun korelasi antara penulis dengan pembaca. contohnya yakni blog Raditya Dika dimana ia menceritakan banyak pengalaman pribadinya.

Factual recount, dipakai untuk melaporkan sebuah kejadian yang merekonstruksi informasi factual. contohnya yakni diberita wacana kecelakaan yang dimuat di media massa.

Imaginative recount, dipakai untuk diberimajinasi serta menuangkan kisah dengan konsep fiksi. contohnya Anda membuat suatu karangan dengan kisah imajinasi Anda sendiri.

Procedural recount, dipakai untuk merekam langkah penyelidikan atau eksperimen yang lalu dilaporkan dalam bentuk teks. Misalkan Anda sedang memantau penyelidikan polisi wacana perkara pencurian, lalu anda menceritakan setiap detail penyelidikan dalam sebuah teks.

Literary recount, dipakai untuk menceritakan kembali serangkaian kejadian dengan tujuan mempersembahkan hiburan.

misal Recount Text


Untuk mendapat pola recount text, Anda sanggup mendapatkannya dari link ini.

Generic Structure dari Recount Text:


Orientation – Menyediakan pembaca terkena latar belakang atau informasi yang diharapkan untuk memahami suatu teks. contohnya pengenalan wacana tokoh, waktu, dan kejadian utama yang akan terjadi.

Sequence of events – Menyediakan rangkaian kejadian di dalam kisah yang ada di teks tersebut. contohnya Ada menceritakan wacana liburan ke pantai, maka di tahap sequence of events, Anda menceritakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pantai mulai dari hingga di pantai hingga pulang ke rumah.

Re-orientation – Memdiberikan sebuah ringkasan komentar, dan penyataan terkena kejadian yang sudah terjadi. Misalnya sehabis Anda menceritakan wacana liburan ke pantai, Anda merasa begitu gembira, sehingga Anda menyampaikan di final cerita, bahwa Anda begitu senang serta senang sebab sanggup berkunjung ke pantai tersebut.

Referensi: Department for Education of South Australia. 2012. Engaging in and exploring recount writing, practical guide for classroom teachers. From: www.decd.sa.gov.au (Retreived on February 20th, 2014).

LihatTutupKomentar