Penjelasan Klausa Dependen Dan Independen Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Klausa atau disebut dengan clause ialah kelompok kata yang memiliki struktur berupa subjek serta predikat. Namun, klausa tidak bisa selalu dikategorikan sebagai sebuah kalimat utuh. Klausa bisa menjadi klausa utama (independen) serta klausa pemmenolong (dependen). Nah, klausa pemmenolong inilah yang bukan ialah sebuah kalimat utuh.

Coba perhatikan contoh-contoh diberikut ini:

Saya menyukai gadis yang kulitnya berwarna coklat.

Kalimat di atas, terdiri dari dua klausa.
Klausa pertama: Saya menyukai seorang gadis.
Klausa kedua: Gadis yang berkulit cokelat.

Klausa pertama ialah klausa utama sedangkan yang kedua ialah klausa pemmenolong. Ini alasannya yaitu klausa yang pertama bisa bangun sendiri di dalam kalimat. Anda bisa lihat bahwa kalimat, aku menyukai seorang gadis, tidaklah rancu apabila ia tidak dilengkapi dengan klausa pemmenolong.

Sementara kalimat kedua, gadis yang berkulit cokelat, bukanlah ialah kalimat alasannya yaitu strukturnya ambigu. Ada apa dengan gadis yang berkulit cokelat? Kenapa dengan gadis yang berkulit cokelat? Tidak terang bukan dengan kalimat tersebut? So, itulah mengapa kalimat kedua disebut dengan klausa pemanis atau spesialuntuk berperan sebagai klausa pemmenolong semata.

Image source: Google Images

Klausa Dependen dan Independen


Seperti yang saya jelaskan di atas klausa terbagi menjadi dua. Yaitu klausa utama serta klausa pemmenolong. Klausa utama disebut juga dengan klausa independen atau bisa bangun sendiri. Sedangkan klausa yang kedua ialah klausa dependen atau klausa yang bergantung pada klausa lain untuk menjadikannya sebagai kalimat utuh.

misal:

I was looking for the girl who wears a red dress. (aku sedang mencari gadis yang mengenakan gaun merah)

Klausa independen: I was looking for the girl.
Klausa dependen: The girl who wears a red dress.

The boy who is standing over there is my brother. (Laki-laki yang sedang bangun di sana yaitu saudara pria aku.)

Klausa independen: The boy is my brother.
Klausa dependen: The boy who is standing over there.

Klausa independen tidak harus selalu berada di depan. Ia bisa berada di tengah, di depan, dan dibelakang. contohnya ada di kalimat yang kedua, the boy who is standing over there is my brother. The boy is my brother ialah klausa independen, sedangkan klausa pemanis yaitu the boy who is standing over there.

Anak kalimatnya berada diawal bukan? Lalu bagaimana cara memilih bahwa itu yaitu klausa tambahan? Di dalam bahasa Inggris, klausa pemanis biasa diawali dengan who, where, when, whom, dan whose. Dalam bahasa Indonesia, kata-kata tersebut berarti yang. Coba perhatikan lagi pola di bawah ini:


I know the boy whom you love. (Saya kenal pria yang engkau cintai.)

My older brother will always respect people who respect him first. (Kakakku akan selalu menghormati orang yang menghormatinya lebih dulu.)


Yang saya garis bawahi ialah klausa dependen atau klausa pemmenolong. Bagaimana, sudah lebih mengerti terkena klausa dependen dan indepeden? Semoga memmenolong.

LihatTutupKomentar