Collaborative strategic reading ialah sebuah seni administrasi atau metode mengajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam reading comprehension. Basisnya yaitu diskusi. Jadi, siswa akan dibagi ke dalam kelompok beranggotakan lima orang, kemudian setiap siswa memiliki kiprah yang tidak sama di dalam diskusi tersebut.
Image source : Google Images |
Langkah-langkah Diskusi
Langkah 1: Previewing
Siswa berdikusi untuk memilih topik serta pokok pembahasan dengan membaca paragraf pertama, membaca judul, mengidentifikasi kalimat dan kata kunci, dan melihat gambar yang tertera di teks tersebut. Mereka kemudian sama-sama menyimpulkan apa yang akan dipelajari di sebuah teks reading, kemudian memprediksikan apa saja yang akan dijelaskan oleh teks tersebut.
Langkah 2: Click and Clunk
Siswa bersama dengan kelompoknya melanjutkan membaca teks ke sesi atau paragraf selanjutnya. Sesudah itu, masing-masing mencari clunks atau difficult words. Sesudah ditemukan paling tidak lima kata pada masing-masing anggota, maka mereka cari arti dari kata tersebut. Tidak memakai engkaus, namun memakai fix-up strategies yaitu 1) membaca kembali kalimat yang terdaat clunk kemudian mencoba menganalisa makna dari clunk tersebut. 2) membaca kalimat sebelum dan setelah clunk untuk menemukan clue atau petunjuk yang bisa menhadirkan arti bagi clunk tersebut. 3) Melihat prefix dan suffix di clunk jikalau ada. 4) memisahkan clunk dari suffix dan prefix untuk mendapat arti dari clunk yang sebenarnya.
Langkah 3: Getting the gist
Ini sama dengan mencari main idea atau wangsit pokok dari suatu teks. Tekniknya bisa dengan berdiskusi untuk memilih ide-ide penting dari setiap paragraf terlebih lampau, kemudian gres menganalisa kombinasi wangsit terbaik dalam teks tersebut. Ide pokok yang dihasilkan dari getting the gist ini ialah wangsit ditulis dengan spesialuntuk 10 kata atau bahkan kurang.
Langkah 4: Wrapping up
Siswa kembali berdiskusi untuk memilih pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan teks yang sudah mereka pelajari. Juga, mereka harus mengetahui jawabanan yang ada sehingga tidak spesialuntuk asal membuat pertanyaan. Apa tujuan dari wrapping up, ini ialah cara untuk menguji apakah mereka paham dengan ide-ide atau gosip detail pada teks.
Di wrapping up, juga didakan review terkena hal-hal apa saja yang sudah mereka pelajari hari ini. Review dipimpin oleh guru.
Peran Siswa di Setiap Kelompok
Itu yaitu langkah-langkah menjalankan collaborative strategic reading. Kemudian, Anda juga perlu tahu apa saja kiprah yang dijalankan oleh siswa di dalam sebuah grup diskusi. Setidaknya, ada 4 kiprah penting untuk masing-masing siswa:
- Leader. Dia yaitu pimpinan yang juga ikut berdikusi serta menginformasikan kepada siswa wacana apa yang akan mereka lakukan selanjutnya dalam collaborative strategic reading. Juga, leader bisa bertanya kepada guru apabila ada pokok bahasan yang kurang jelas.
- Clunk expert. Tahu clunk? Ya, ini ialah kata-kata susah yang acap kali muncul di dalam sebuah teks. Tugas clunk expert yaitu memandu siswa lain yang mendapat kata susah, dengan pemecahan persoalan menurut fix-up strategies.
- Gist expert. Bagaimana dengan gist expert? INI pemandu sebuah grup diskusi untuk memilih sebuah wangsit pokok dari suatu teks. Dia juga ialah penentu apakah wangsit pokok yang dilontarkan oleh anggota kelompok layak atau tidak apabila ditabsihkan menjadi wangsit pokok sebuah teks.
- Announcer. Memanggil anggota kelompok untuk membaca dan kemudian mengajak anggota lain untuk berdikusi contohnya memilih clunk, atau main idea. Announcer juga bisa memanggil salah satu anggota kelompok untuk share wangsit mereka yang mungkin saja sangat diperlukan.
Tugas Guru Secara Umum
Apa kiprah guru dalam collaborative strategic reading? Apakah spesialuntuk sebatas mengawasi? Tentu tidak. Peran guru amatlah vital. Disini guru berfungsi sebagai pengatur grup diskusi yang sesungguhnya. Ada tiga tahapan penting dalam kiprah guru yang harus dilakukan:
Teach the strategies
Untuk membuat siswa mengerti apa itu collaborative strategic reading dan bagaimana siswa mengaplikasikannya di dalam pembelajaran, tentu mereka harus diajarkan terlebih lampau. Guru mengajarkan mereka langkah demi langkah dari collaborative strategic reading sebelum kemudian menerapkannya melalui grup diskusi.
Membagi kelompok dan peran
Memandu diskusi
Guru memandu hingga mana dikusi dilakukan, bagaimana kemajuan siswa dalam diskusi, dan apakah mereka tetap berada dalam track diskusi atau tidak. Guru juga menanggapi banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa.
Melakukan review
Guru melaksanakan review dengan bertanya apa yang sudah dipelajari hari ini, kemudian memecahkan banyak persoalan yang belum simpulan menyerupai clunks, dan masalah-masalah lain.