Bagaimana Cara Mengorganisasi Group Discussion Dengan Baik?

Group discussion ketika ini dipandang sebagai taktik pembelajaran yang menjadi “dewa” di hampir tiruana pembelajaran kelas. Ini karena, memakai sistem berguru group discussion membuat seorang guru menjadi simpel mengorganisasi kelas dan siswa dipercaya bisa lebih aktif di sesi belajar.

Kendati demikian, ekspektasi tidaklah selalu sesuai dengan keinginan. Seringkali pengaturan dalam sistem group discussion ini justru menjadi blunder. Seorang siswa bahkan bisa menjadi anak yang begitu malas alasannya yaitu sebagian besar pekerjaan dikerjakan spesialuntuk oleh satu atau dua siswa lainnya.

Image Source : www.montessoritoledo.org

Untuk membentuk sistem group discussion yang lebih baik, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini. Selamat mencoba.

Buat Kelompok Kecil


Orientasi kerja pada kelompok yang kecil biasanya selalu baik. Ketika sebuah kelompok beranggotakan tiga siswa, maka dukungan kerja tentu jauh lebih simpel ketimbang lima sampai enam orang. Biasakan membatasi dukungan kelompok kerja di kelas anda dengan anggota tidak lebih dari lima siswa.

Delegasikan Tugas Secara Spesifik


Saya rasa hampir tiruana kelas mengalami problem ini; dimana sebuah kelompok spesialuntuk “mempekerjakan” satu atau dua anggota, sedangkan anggota lainnya spesialuntuk menjadi pengangguran dan mendapat nilai dengan cuma-cuma.

Solusinya, anda bisa membagi sebuah kiprah spesifik pada setiap anggota kelompok. Salah satu misalnya yaitu taktik collaborative strategic reading dimana setiap anggota kelompok memiliki kiprah tersendiri dalam diskusi. Di dalam CSR, ada seorang siswa yang menjadi pemimpin kelompok, perumus main idea, pengingat waktu, dan pemecah problem vocabulary. Diskusi model tersebut membuat tiruana siswa bekerja dengan dedikasi, dan bukan spesialuntuk membisu kemudian mengharap nilai.

Teknik paling simpel untuk mendelegasikan kiprah adalah: Anda memiliki 5 soal dalam sesi diskusi, maka tugaskan setiap anggota untuk menuntaskan satu soal. Meski konvensional, setidaknya cara itu membuat siswa lebih mandiri.

Don’t Waste the Time


Meluangkan banyak waktu sebuah sesi diskusi biasanya membuat siswa menjadi malas dan terus mengulur waktu. Cukup diberikan waktu 15-20 menit untuk group discussion, kemudian lakukan pembahasan terhadap hasil diskusi tersebut secara menyeluruh dengan melibatkan anggota-anggota tiap kelompok.

Variasikan Sistem Kerja


Berbagai jenis sistem kerja dalam group discussion bisa anda pelajari dari banyak sumber mulai dari buku sampai internet. Buka link ini, maka anda akan menemukan banyak jenis kelompok kerja yang amat variatif.

Dimasukankan untuk tidak menerapkan satu jenis saja. Temukan dan aplikasikan sistem kerja lainnya dalam diskusi kelompok kelas supaya kebosanan bisa dicegah serta efektifitas ditingkatkan.

Lakukan Evaluasi




Di dalam sebuah sesi, kesalahan yang sering diciptakan yaitu tidak adanya evaluasi. Ini membuat siswa bermain-main ketika memahami bahan alasannya yaitu mereka menganggap tidak ada tujuan niscaya dalam pemahaman tersebut. Apabila penilaian rutin dilaksanakan, siswa akan berpikir dengan sendirinya, bahwa mereka harus fokus dalam belajar. Kalau tidak, nilai mereka jelek. Lakukan penilaian pada setiap siswa, bukan setiap kelompok.

Good luck!

LihatTutupKomentar