Cara Menciptakan Pelajaran Bahasa Inggris Menarik Dengan Film

Tidak dipungkiri, banyak hal dalam pelajaran bahasa Inggris yang tidak disukai oleh siswa. Kebanyakan menganggap bahwa pelajaran ini memiliki materi super susah yang bahkan tidak bisa mereka kuasai. Sejatinya, tidak ada problem dengan bahasa inggris atau materinya, namun yang menjadi problem yaitu bagaimana seorang guru membawakannya ke dalam kelas.

Ketika pelajaran bahasa Inggris dibawakan dengan gaya yang kaku, harus menghafal kosakata, menghafal tenses dan mencatat materi, maka tidak heran apabila bahasa Inggris bermetamorfosis menjadi pelajaran yang susah. Kemudian, bagaimana menimbulkan bahasa inggris sebagai pelajaran yang simpel dan tidak membosankan? Film bisa menjadi salah satu jawabanan yang tepat. Melalui film, siswa akan mendapat pembelajaran bahasa Inggris kemudian juga hiburan, sehingga mereka terhindar dari rasa bosan.

Image source : Google Images

Langkah-langkah membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi menarikdanunik sebab Film, bisa Anda lihat melalui klarifikasi di bawah ini.

Pilih jenis film yang akan Anda putar


Film apa yang bisa Anda pilih? Saya memiliki pengalaman memutar film yang bertema survival. Jadi, ada seorang yang terdampar di sebuah pulau. Ketika sang pemeran terdampar di pulau yang menyulitkan, kita hentikan filmnya secara tiba-tiba. Baru kemudian kita lakukan langkah selanjutnya.

Anda juga bisa mengikuti langkah tersebut dengan menentukan film bertema survival serta mengandalkan kisah insan yang terdampar di sebuah pulau, atau mereka yang tersesat di suatu tempat.

Siapkan peralatan guah


Apa itu peralatan guah? Pengalaman saya waktu itu, ada banyak sekali jenis benda ibarat sikat gigi, penggaris, pisau kecil, kain, dan sebagainya yang dipersiapkan oleh guru. Peralatan tersebut dipakai untuk membuat semacam alat imaginatif yang bisa dipakai oleh orang yang terdampar tersebut dalam rangka bertahan hidup.

Siswa dibebaskan untuk memiliki imaginasi apapun. Misalnya, dengan sikat gigi ia bisa membakarnya kemudian materi plastik yang ada di sikat gigi bisa terlebur dan menjadikannya sebagai lem kayu untuk membuat kapal baru. Memang sedikit konyol, namun out of the box ideas yang didiberikan oleh siswa bisa membuat mereka berpikir kritis dan tidak bosan dengan pembelajaran yang ada.

Bentuk kelompok


Bentuk kelompok dengan anggota tiga sampai empat orang dan bagikan beberapa alat guah kepada setiap kelompok. Berikan mereka waktu sekitar 10 menit untuk membentuk imaginasi dari alat-alat guah tersebut. Setiap orang dalam kelompok wajib membuat satu alat imaginatif, sehingga tidak ada anggota yang sekedar “numpang tenar” untuk mendapat nilai. :D

Presentasikan di depan kelas


Ketika siswa sudah tamat menghasilkan imaginasi, diberikan mereka peluang untuk melaksanakan presentasi di depan kelas. Tentu saja, presentasi yang dilakukan memakai bahasa Inggris dan setiap anggota melaksanakan presentasi menurut alat imaginatifnya sendiri.

Dalam konteks ini, selain bisa membuat siswa berpikir kritis, dan out of the box, mereka juga bisa diajak untuk memakai bahasa inggris lewat aktivitas berbicara atau presentasi di depan kelas. Mungkin banyak dari siswa yang masih salah dalam pengucapan kata-kata, namun satu hal yang penting yaitu mereka mulai berguru serta berani untuk menyatakan pendapat melalui bahasa Inggris.

Selamat mencoba trik pelajaran bahasa Inggris dengan film tersebut.

LihatTutupKomentar